Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengatasi Komputer / Laptop Yang Lemot

Pernah mengalami kejadian ketika komputer / laptop menjadi lemot, loadingnya lamaaa....
Apalagi kalo komputernya masih jadul, he..he..he... Pasti bikin kesel dan dongkol.
Sebenarnya ada cara paling cepat, efektif , instan dan dijamin 100% berhasil untuk mengatasi komputer yang lemot. Yaitu:
beli komputer Baru!! Pasti semua masalah akan hilang seketika.. hahaha...
Tapi bukan itu yang akan saya bahas disini.

Berikut trik dan tips untuk mengatasi komputer yang lemot:

1. Uninstall program, software, dan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Untuk apa menyimpan software dan program yang jarang dipakai, atau bahkan tidak dibutuhkan?
Hal itu hanya akan mmembuat memori penuh dan kinerja "otak" komputer makin lambat.
Meskipun tidak dijalankan, program yang jarang atau tidak pernah digunakan bisa ikut mempengaruhi kinerja komputer. Terutama program yang menyimpan seting-setingnya di registry. Mengapa ? karena setiap kali komputer dijalankan, registry windows akan di load di memory, sehingga semakin besar ukurannya, memori yang digunakan akan semakin besar pula.

2. Periksa program-program yang otomatis berjalan dengan Windows

Hal ini bisa di cek dengan program seperti autoruns. Biasanya ada beberapa program yang selalu berjalan yang sebenarnya tidak begitu penting atau kurang penting. Maka di setting aja autoruns program tersebut menjadi sistem manual.

3. Defragment hardisk

Ini bisa dilakukan melalui menu Properties > System Tools > Disk Defragment. Yang tujuannya untuk menata kembali file-file sesuai prioritasnya.

4. Komputer lambat karena Temporary File yang sudah membengkak
Penyebab komputer lambat yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:"C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp" dan"C:\WINDOWS\Temp". 
Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yang akan di-cleanup.

5. Hindari penggunakan Skin windows

Kadang penggunaan tampilan/skin tambahan windows bisa mempengaruhi kinerja cukup signifikan. Terutama penggunaan software tambahan. Sebaiknya jika ingin tampilan yang berbeda gunakan saja Windows Themes (bawaan windows).

6. Matikan beberapa efek Visual Windows

Selain itu beberapa efek windows [xp] yang tidak begitu penting bisa di matikan. Bisa di dilakukan melalui klik kanan di My Computer pilih Properties. Di tab Advanced di bagian Performance klik tombol Settings. Bisa di non aktifkan Visual efek yang tidak begitu penting.

7. Hapus icon di desktop yang tidak penting

Sering program yang di install di komputer akan membuat shortcut baru (icon) di desktop. Jika kita jarang menggunakan icon-icon ini, lebih baik di hapus saja, bisa sedikit mengurangi pemakaian memori.

8. Scan komputer dari Virus, Spyware, trojan dan sejenisnya

Jika komputer terinfeksi virus, sebagian besar kinerjanya akan menurun, bahkan bisa-bisa komputer menjadi sangat lambat. Rajin-rajin aja komputer di scan. Gunakan anti virus yang selalu di update.
Kalau memang malas untuk scaning komputer karena prosesnya yang kadang memakan waktu cukup lama,
Usahakan paling tidak sebulan sekali melakukan scaning virus.

9. Gunakan alternatif software yang lebih ringan

Beberapa software kandang hanya digunakan untuk beberapa hal yang sederhana. Misalnya menggunakan ACDSee hanya untuk melihat-lihat gambar atau foto saja. Jika hanya ingin melihatl lihat gambar dengan format standard, maka bisa menggunakan Fasilitas bawaan windows, karena ACDSee cukup berat terutama versi-versi terbaru.

10. Matikan komputer sesuai aturan

 Jangan sekali - kali mematikan komputer dengan langsung mencabut power tanpa log off terlebih dahulu. Ini akan membuat sistem korup dan memperparah kondisi komputer. Usahakan tutup semua program yang sedang berjalan sebelum mematikan komputer. Ini juga berguna untuk mempercepat proses log off.

11. Upgrade hardware

Jika memiliki dana tambahan dan spesifikasi komputer masih pas-pasan maka bisa di upgrade hardwarenya seperti Memory, CPU atau VGA. Yang paling berpengaruh biasanya Memory dan CPU.

12. Install Ulang

Kadang sistem yang sangat lama dan penuh dengan program yang banyak tidak/jarang terpakai, meski sudah di optimalisasi masih saja lambat. Jika seperti itu, mungkin install ulang adalah solusi yang terbaik, karena biasanya dengan system yang lebih “fresh” kinerja bisa maksimal.


Sebenarnya masih banyak cara-cara lain untuk mengatasi komputer yang lemot, loading lambat, bahkan nge-hang. Tapi paling tidak, cara diatas sudah cukup membantu, karena berasal dari pengalaman pribadi. Dan terbukti cukup efektif.
.
Terlaris:
  1. Alat Bantu Paling Hot Ketika Bermain di Ranjang!
  2. Daftar Artis Indonesia Dengan Dada Terbesar
  3. Artis Indonesia Dengan Bokong Terseksi !
  4. HOT HOT HOT !!! Daftar Artis Terpanas Indonesia 2012!
  5. Wow! Ada Situs Yang Jual Toko Online Cuma 99 Ribu !!
  6. Ternyata, Ada Trik Paling Mudah Mendapatkan Bisnis Sampingan Tanpan Modal Sepeserpun!

Artikel Terkait Lainnya Seputar: